Waooo. ! Uji Kendaraan UPTD DLAJR di Banyuwangi Sarang Pungli

indonesiasatu, 19 Dec 2018, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BANYUWANGI - Kantor Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan (DLAJR) jalan Adi Sucipto Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, dituding masih sebagai sarang pungli. Terbukti, pungutan liar masih berlangsung mulus. Terutama untuk perpanjangan dan ganti buku KIR, Rabu (19/12)

Informasi yang digali dilapangan, pengusaha travel Eri Irianto (38) warga Desa Suren Kecamatan Lodok Kabupaten Banyuwangi didatangi wartajatim.co.id mengatakan, mengurus perpanjangan sekaligus mengganti buku KIR angkot miliknya kekantor DLAJR DISHUB Banyuwangi di Jalan Adi Sucipto 

Selanjutnya, Eri Irianto menyuruh biro jasa  menguruskan biaya pengurusan perpanjangan dan penggantian buku KIR Rp 180 ribu dengan alasan buku KIR itu masih di kantor Dishub.. karena tidak terlalu susah bolak-balik sehingga bisa langsung jadi ke kantor DLAJR tersebut.

Karena tidak mengerti peraturan, pemilik travel warga jember itu menyerahkan uang Rp 180 ribu. Lalu, diuruskan memperpanjang buku KIR dan menggantinya dengan menyerahkan buku KIR baru yang diteken Kepala Uptd DLAJR Banyuwangi. 

Dari nominal biaya diterapkan sesuai perda itu ternyata tidak sesuai dan dinilai terlalu mahal dan terindikasi sebagai pungli karena biaya perpanjangan dan penggantian buku KIR sesuai Peraturan Daerah (Perda) hanya sekitar Rp 12. 500 ribu Dimana khusus tambahan biaya buku uji hilang Rp 100 ribu, denda keterlambatan uji (JBB) Rp 3.500. 
 
“Para pegawai Kantor Uptd DLAJR Dishub Banyuwangi itu sudah melakukan pungli biaya perpanjangan dan penggantian buku KIR sebedar dua kali lipat,” katanya sambil berkata jangan ditulis ya mas.

Tidak itu saja, Kepala Uptd DLAJR Dishub Banyuwangi Basuki sudah ketahuan berbohong karena sebelumnya menyatakan tidak ada jasa pelayanan alias calo yang ada di wilayahnya, akan tetapi temuan dilapangan pemilik travel menyerahkan uang Rp180 ribu untuk pengurusan biaya uji berkala.

“Saya kebobolan pak,baru kali ini ada jasa layanan gak termonitor, padahal sudah saya sampaikan jauh-jauh hari jangan sampai ada calo di tempatnya, Jadi untuk itu saya trimakasih atas masukan mas wartawan ikut serta mengawasi,” ujar mantan kepala Kanwil di Bali

Lanjut Basuki, adanya biro jasa itu dia membenarkan pemilik travel itu datang ke kantor Uptd DLAJ Banyuwangi untuk mengurus perpanjangan dan penggantian buku KIR.

“Benar kalau ada pemilik travel datang, bahkan saya yang langsung menandatangani perpanjangan dan penggantian buku KIR nya itu,” katanya di temui diruang loby kantornya

Namun, Basuki membantah minta uang perpanjangan dan penggantian buku KIR Rp180 ribu karena biayanya hanya Rp 12.500 ribu.

“Saya sudah menunjukan Perda didepan, silakan difoto mas, dan tidak ditutupi, bahkan pembayaran lewat bank Jatim tidak boleh diatas jam 02.00 WIB, apapun alasannya tidak dilayani” ujar Basuki sembari tersenyum pada rekan-rekan diklat Jurnalistik Angkatan 1 Tingkat Nasional.(kusno)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu